Friday, June 7, 2013

Pesona Gili Bedil dan Gili Keramat-Sumbawa Island

Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan adalah 3 gili yang sangat populer di Lombok. Tidak hanya Lombok, Sumbawa pun memiliki kekayaan serupa yakni Gili Keramat dan Gili Bedil. Di dua pulau kecil ini Anda dapat mengeskplorasi kekayaan bawah lautnya dengan diving serta snorkeling.
Gili Bedil dan Gili Keramat adalah pulau yang tidak berpenghuni. Letaknya di sebelah utara Pulau Sumbawa tepatnya Desa Labuhan Padi, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB. Untuk mencapai dua gili yang bersebelahan itu tidaklah sulit. Jika Anda masuk Sumbawa melalui Pelabuhan Poto Tano lanjutkan perjalanan hingga ke Pantai La Pede, Labuhan Padi. Dari Pantai La Pede sewalah glass-bottom boat untuk menyeberang ke Gili Bedil dan Gili Keramat. Rute terbaik untuk mencapai gili ini adalah dengan menuju Mataram, Lombok terlebih dahulu. Sesampainya disana sewalah kendaraan dan menyeberang dari Pelabuhan Kayangan ke Pelabuhan Poto Tano. Sesampainya di Poto Tano sewalah ojek ke Pantai La Pade.
Setelah boat merapat Gili Keramat, kita sudah mulai bisa melihat panorama bawah airnya. Dari kaca speed boataneka penghuni perairan ini terpampang dengan jelas. Berbagai terumbu karang serta ikan berwarna-warni saling berkejaran. Keindahan ini seolah begitu dekat dengan kita karena cukup jelas terlihat. Oya, sebaiknya Anda membawa segala perlengkapan snorkeling sendiri karena pulau ini masih sangat sepi dan minim fasilitas. Terumbu karang di Gili Keramat masih sangat terjaga kelestariannya. Warnanya memesona dengan kondisi yang apik alias tidak rusak. Karang keras (hard coral) maupun karang lunak (soft coral) berjajar silih berganti. Terumbu karang yang bagus adalah habitat yang baik untuk ikan-ikan di gili ini.
Gili Keramat dan Gili Bedil hanya dipisahkan oleh sebuah selat yang sempit. Gili Bedil tak kalah indah dengan Gili Keramat. Masih dengan speed boat yang sama Anda bisa beralih dari Gili Keramat ke Gili Bedil dalam hitungan menit. Luas Gili Bedil hanya sekitar 2 kali lapangan bola voli. Luangkan waktu untuk menyusurinya sambil menikmati kelembutan pasir putihnya. Sama dengan Gili Keramat, pulau yang satu ini juga memiliki keindahan dan kekayaan bawah laut yang sayang untuk Anda lewatkan.
Akhir-akhir ini Gili Bedil dan Gili Keramat semakin banyak didatangi turis lokal maupun mancanegara. Terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat serta banyaknya biro perjalanan yang memasukkan dua pulau mungil tersebut ke dalam rute wisata. Bahkan, beberapa dari biro itu menggunakan kapal pesiar untuk mengantarkan para wisatawan.
Selain Gili Bedil dan Gili Keramat, destinasi wisata lain adalah Pantai Maluk dan SekongkangSemuanya berada di Sumbawa Barat.
Hotel yang tersedia di kawasan Sumbawa adalah Samawa Seaside Cottagedan Samawa Transit Hotel.
Peta lokasi Sumbawa Besar View Larger Map
Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta
sarankan kami di twitter dan facebook. silahkan tinggal kan komentar anda...

No comments:

Post a Comment