Saturday, May 11, 2013

Tempat Wisata Gunung Rinjani


Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani -Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya / Carstenz pyramid di Papua. Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, sampai mahasiswa pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.
Tempat Wisata Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman nasional ini juga terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia.
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Puncak Gunung Rinjani
Di puncak gunung Rinjani anda akan melihat kaldera yang sangat besar (dengan luas sekitar 50 Km2) dengan danau (Segara Anak) dan gunung kecil (Gunung Baru) di tengahnya. Pemandangan di puncak sangatlah indah, cukup untuk membayar lelah perjalanan anda selama mendaki. Apabila anda cukup waktu dapat mencoba turun ke kawah & memancing.
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Orang-orang Lombok percaya kalau dipuncaknya ada bersemayam Dewi Anjani Ratu Jin dan penguasa rinjani. Di bagian selatan timur puncak ini adalah hamparan debu yang dinamakan segara muncar yang juga istana gaib Ratu Dewi Anjani dan para pengikutnya, tetapi mereka adalah jin-jin yang baik. Konon ceritanya arwah Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tidak mengijinkan putrinya kawin dengan pacarnya.
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Tempat Wisata Gunung Rinjani
Gunung Baru Jari atau Gunung Baru
Baru jari adalah nama gunung baru yang muncul ditengah-tengah segara anak. Dan orang – orang disekitarnya percaya bahwa gunung baru adalah pusat gunung rinjani dan oleh sebab itu pada saat gunung baru meletus tidak akan membahayakan orang-orang lombok kecuali bila letusannya berasal dari puncak gunung rinjani. Orang-orang bilang bahwa pada tahun 1994 letusan gunung baru disebabkan oleh kemarahan para arwah yang sedang membangun sesuatu karena batu-batu yang meletus tidak ditempatkan semestinya di kaki gunung baru.
Demikian artikel tentang Tempat Wisata Gunung Rinjani, semoga menambah informasi Anda tentang tempat wisata yang ada di Indonesia. Artikel yang berkaitan dengan Tempat Wisata Gunung Rinjani, wisata gunung rinjani, gunung rinjani, taman nasional gunung rinjani, photo gallery gunung rinjani, jalur pendakian gunung rinjani

No comments:

Post a Comment