Saturday, May 11, 2013

Pulau Lombok


Fantastik !!!!  Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya alam di Pulau Lombok. Ya, pesona tempat wisata yang masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut ternyata tidak kalah cantiknya dengan daerah wisata lain di Indonesia, tidak heran saat ini keindahan alam di Lombok mulai dapat menarik hati dan minat para wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, untuk mengunjungi daerah itu.
Bekas wilayah jajahan Kerajaan karang Asem Bali ini memang menawarkan pesona panorama alam yang variatif, diantaranya tempat yang menarik dan memiliki banyak aktivitas wisata yang sangat pas seperti berjemur, berlayar, berselancar, memancing dan aktivitas bawah laut yang menantang, berpetualang di Gunung Rinjani.
Sayangnya, selama ini keindahan alam di wilayah yang memiliki julukan Pulau Seribu Masjid ini memang belum tergali dengan maksimal, padahal potensinya untuk meningkatkan perekonomian daerah dan menambah devisa negara dari industri pariwisata cukup besar, apalagi posisinya yang tidak jauh dari primadona pariwisata Indonesia yaitu Pulau Bali.
Jarak Bali dengan Lombok memang bersebelahan, namun begitu jika dapat diibaratkan, Bali adalah seorang wanita yang sudah dewasa dan mampu bersolek sendiri untuk menarik lawan jenis, sementara Lombok adalah seorang gadis perawan yang baru saja beranjakdewasa. Keseriusan untuk menggarap keperawanan potensi alam di wilayah Lombok diawali dengan membuka gerbang baru menuju wilayah tersebut dengan pembangunan Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk menggantikan Bandara Selaparang yang selama ini tidak bisa dimasuki pesawat berukuran besar.
Meski begitu, infrastruktur pendukung lainnya seperti jalan raya dari Kota Mataram menuju BIL dan sebaliknya, saat ini masih dalam tahap pengerjaan sehingga dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Namun jangan khawatir, jika ingin benar-benar mengeksplorasi Pulau Lombok, para wisatawan juga dapat memulai petualangannya dengan mengunjungi Pantai Kuta yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan darat dari BIL.

Pantai Kuta di Lombok memiliki pemandangan yang sama indahnya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pasir putih yang berada di Pantai Kuta Lombok membuat siapapun yang mengunjungi akan betah berlama-lama berada di situ, apalagi keadaan di sini tidak seramai Pantai Kuta yang ada di Bali.
Selain itu, karena belum begitu tersentuh investor, di wilayah ini masih banyak tempat-tempat penginapan yang masih dikelola oleh warga sekitar, sehingga harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau bagi anda yang memilih bepergian dengan cara backpacker. Namun begitu, karena cukup jauh dari pusat kota, para pelancong tidak banyak memiliki pilihan untuk menikmati hiburan selain kafe-kafe mini yang ada di sekitar bibir Pantai Kuta, namun begitu keuntungannya harga yang ditawarkan sangat terjangkau.
Jika ingin menikmati keindahan pantai namun dapat bisa lebih memilih fasilitas dan hiburan yang ada, maka sebaiknya anda menikmati keindahan Lombok di wilayah Senggigi yang berada di Lombok Barat.
Perjalanan dari BIL ke Senggigi membutuhkan waktu sekitar 2 jam, namun tak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia bus umum yang melayani rute langsung ke Senggigi dari BIL, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan kesulitan kendaraan.

Di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak kalah indah dengan Pantai Kuta Lombok. Suguhan keindahan itu bahkan sudah mulai kita rasakan begitu kendaraan yang kita tumpangi meninggalkan Kota Ampenan. Sepanjang perjalanan sekitar 10 kilometer kita akan menyusuri garis pantai, di sini kita akan disuguhkan pemandangan indahnya pantai di wilayah Lombok Barat ini, meski sebagian pantainya berpasir hitam namun landainya pantai dan keberadaan karang-karang di pinggir pantai membuat kita ingin terus menikmatinya.
Selain itu wilayah Senggigi juga sudah dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Di sini kita bisa memilih penginapan sesuai dengan budget yang dimiliki, terlebih beberapa penginapan berada tepat di pinggir pantai sehingga kita bisa menikmati sunrise maupun sunset. Tidak hanya di siang hari, pada malam hari Seng-gigi juga menawarkan banyak hiburan seperti live music, karaoke atau club. Pilihan berbagai macam rumah makan juga banyak tersedia, namun rata-rata mereka menyajikan seafood sebagai menu utama.
Dari Senggigi para wisatawan juga dapat menambah pengalaman dengan berwisata bahari di tiga pulau kecil yang ada di teluk Lombok. Pualu yang dalam bahasa daerah setempat disebut Gili itu terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Dari ketiganya, Gili Trawangan mungkin bisa dikatakan sebagai Gili yang paling lengkap fasilitasnya. Setelah menempuh perjalanan laut sekitar 15 menit dengan perahu, atau sekitar 7 menit dengan speed boat, kita akan dihadapkan pada indahnya pantai yang ada di Gili Trawangan.

Pasir putih dengan karang-karang serta ikan-ikan yang indah seakan menyambut kedatangan kita di sini. Di sini selain dapat menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan aktifitas snoorkling, kita juga dapat menikmatinya dengan menggunakan glass bottom boat. Jika ingin mengeksplorasi Gili Trawangan untuk memuaskan hobi fotografi, para wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas sepeda yang banyak direntalkan oleh masyarakat setempat untuk berkeliling Gili.
Ya, di Gili Trawangan kendaraan bermotor memang terlarang untuk digunakan, sehingga jika ingin berkeliling kita harus jalan kaki, bersepeda atau menggunakan cidomo (andong/kereta kuda). Sayangnya, pilihan water sport di sini belum selengkap yang ada di Nusa Dua Bali. Permainan seperti Jet Ski, Banana Boat atau Parasailing belum tersedia di sini.

So, segera luangkan waktu anda untuk merasakan indahnya keperawanan alam Lombok............

No comments:

Post a Comment