Wednesday, May 15, 2013

6 Pantai Terpencil di Lombok Yang Tak Kalah Indah



Di setiap daerah tujuan wisata, selalu ada objek yang menjadi unggulan. Destinasi ini biasanya selalu dikunjungi para pelancong karena sudah dikenal luas dan sering diberitakan. Akibatnya, objek-objek yang jarang dipublikasikan menjadi kurang tersentuh. Padahal bukan berarti tempat-tempat ini kalah bagus dan tidak indah. Di Lombok, Nusa Tenggara Barat sedikitnya ada 6 pantai yang tidak banyak diketahui keberadaannya. Namun sekalinya kesana, Anda akan terpana karena panoramanya tak mengecewakan dibandingkan pantai Kuta dan Senggigi yang sering menjadi jujugan wisatawan. Penasaran?
1. Pantai Mekaki
Perjalanan menuju Mekaki sama indahnya dengan Mekaki itu sendiri. Sepanjang perjalanan kita akan melihat hamparan sawah, perbukitan yang hijau, pesisir pantai yang indah serta gugusan gili yang terlihat dari jalan raya menuju Mekaki. Ada Gili Gede,Gili Nanggu dan Gili Penyu dari kejauhan yang menemani perjalanan kita. Kontur jalannya naik turun sehingga sebelum mencapai Mekaki, kita sudah bisa melihat pantai ini dari kejauhan. Dari jauh pantai Mekaki terlihat sangat indah karena airnya yang biru berada di sebuah “ceruk” yang sekelilingnya bukit-bukit dengan pepohonan yang hijau. Oya, jangan lupa untuk mengabadikan panorama Mekaki dari ketinggian ini. Sampai di pantai yang berada di selatan Sekotong ini, kita akan melihat bibir pantai yang membentuk lengkungan seperti layaknya bulan sabit. Pasir pantai Mekaki sangat putih bersih. Deburan ombaknya kalem. Perairannya berwarna hijau toska di tepian dan semakin ke tengah samakin biru. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas lelah dan bersantai di pantai ini. Kerang-kerang disekitar pantai menambah keindahan dan keunikan Mekaki.
2. Pantai Nipah
Pantai ini mempunyai karakter yang bersih dan tenang serta nyaman karena jauh dari keramaian kota. Hamparan pantainya sangat luas menampakkan indahnya Pulau Bali dari kejauhan. Jika pantai Senggigi sedang ramai, pantai Nipah adalah alternatif yang paling baik karena keindahannya tidak berbeda dengan Senggigi namun jauh lebih tenang dan sunyi. Prasarana menuju pantai cukup mudah karena berada di tepi jalan raya yang sudah diaspal mulus. Pantai Nipah masih satu arah dengan Senggigi, Anda tinggal mengikuti jalan hingga menemukan papan penunjuk bertuliskan “Nipah” di sebelah kiri. Di sekitar pantai terdapat bukit. Naiklah ke atas bukit ini dan Anda akan melihat pemandangan pantai yang luar biasa. Teluk dengan ombak yang menjilati tepiannya dikelilingi dengan pepohonan yang hijau dan air kebiruan. Keindahan lain akan kembali tersaji saat kita sampai ke tepian pantai. Saat masuk ke kawasan ini Anda akan disambut dengan sekawanan sapi yang sedang merumput dan beberapa anak kecil yang bermain dan para nelayan yang mengurusi perahunya.
3. Pantai Kaliantan
Panorama pantai Kaliantan yang indah mencapai puncaknya saat petang menjelang. Orang sering menyebutnya dengan golden sunset karena pemandangan yang menakjubkan. Apalagi, pantai yang terletak di Lombok Timur ini jarang dikunjungi wisatawan. Jadi bayangkan saja, Anda bersantai menikmati matahari tenggelam di pantai sunyi seorang diri. Kaliantan masih sunyi karena jauh dari keramaian. Pantainya masih perawan, airnya bening, ombaknya tenang. Tekstur pasir pantai ini berbentuk butiran seperti merica, terumbu karangnya masih menampakan kelestarian sehingga menarik wisawatan untuk melakukan snorkling dan surfing karena gelombang lautnya yang cukup tinggi. Bagi wisatawan yang ingin menyepi dari hiruk pikuk kota, pantai ini sangat cocok sebagai salah satu objek wisata pilihan. Panorama Kaliantan dipercantik dengan padang rumput yang membentang luas.
4. Pantai Cemara
Pasir Cemara sangat putih dan halus seperti tepung terigu. Sesuai dengan namanya, pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara. Pohon-pohon ini menambah keharmonisan pantai yang tenang dengan ombak yang landai ini. Itu sebabnya banyak yang berendam dan bermain air disekitar pantai. Beberapa diantaranya memancing, menunggu kailnya disambar ikan sambil menikmati keindahan pantai di Lombok Timur ini. Diantara wisatawan yang datang ke pantai Cemara biasanya menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan disekitar pantai ini. Mereka umumnya membawa keluarga. Sambil menggelar tikar, anak-anak bermain air, para orang tua sibuk memandangan sekeliling pantai yang elok. Anda mungkin juga tidak hanya bertemu dengan wisatawan saat ke pantai Cemara namun juga segerombolan kerbau yang sedang merumput. Selain itu, ada gugusan tebing disekitar pantai Cemara. Naiklah pelan-pelan dan kita akan melihat view pantai Cemara terlihat indah dari sudut ini.
5. Pantai Mangsit
Pantai Mangsit mempunyai garis pantai yang lumayan panjang. Hal itu membuat kita bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai ini. Kegiatan utama di Mangsit adalah snorkling. Keindahan kehidupan bawah lautnya menjanjikan panorama yang sayang kita lewatkan. Kelestarian biota lautnya masih sangat terjaga. Pesona lain dari pantai yang berada di Lombok Barat ini adalah keindahan sunsetnya yang membuat para wisatawan banyak datang ke pantai ini pada sore hari. Bagi para penghobi fotografi, sunset di pantai ini akan memberikan view yang menarik. Pemandangan ini bisa dikombinasikan dengan aneka kegiatan pengunjung yang sedang bersantai di bibir pantai. Jika langit sedang cerah. Belum lagi keindahan pantai berpasir putihnya yang membuat setiap orang betah berlama-lama. Warna perairan di pantai mangsit cenderung biru tua dan hijau toska di tepiannya. Ombaknya landai dengan perbukitan di beberapa sisi pantai.
6. Pantai Pandanan
Pantai ini berada di Dusun Pandanan, Lombok Timur, tepatnya berada dibawah Bukit Nipah. Tempat ini selain sepi dan tenang, juga sangat bersih. Mungkin karena tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung kesini sehingga tak ada sampah yang mengotori. Pasirnya putih berpadu dengan perairan yang berwarna biru dan hijau toska. Bagi yang tak menyukai keramaian, Pantai Pandanan sangat cocok. Bersantai dengan keluarga, teman atau kerabat adalah aktivitas yang pas dilakukan di Pantai Pandanan ini. Bukit hijau yang berada di sekitar pantai menambah keindahan. Sayangnya belum ada fasilitas pariwista apapun yang menopangnya. Di beberapa sudut pantai, terlihat pepohonan. Beberapa diantaranya adalah nyiur yang membuat pantai ini sedikit asri. Selain bermain air, pantai ini kerap menjadi destinasi bagi para penghobi mancing.

No comments:

Post a Comment